CORE BISNIS
Core bisnis atau
inti dalam bisnis adalah cara mengekspresikan penting nya sebuah
aktivitas dan proses dalam sebuah organisasi. Adanya core bisnis digunakan untuk mengikuti
tren populer di kalangan manajemen perusahaan berusaha untuk tampil saat ini
dan mengesankan para investor. Core bisnis juga merupakan usaha pokok pada
seberapa baik perusahaan mengelola untuk mengkoordinasikan kegiatan pada masing-masing departemen untuk melakukan proses inti bisnis.
Core bisnis merupakan kunci utama yang menunjang kesuksesan sebuah perusahaan.
Keberhasilan suatu perusahaan juga bergantung pada :
v The market-sensing process
Semua kegiatan dalam mengumpulkan intelegen pemasaran akan bertindak sebagai penyampai informasi.
v The new-offering realization process
Kegiatan penelitian, pengembangan, penawaran dan peluncuran kualitas baru yang cepat dan sesuai anggaran.
v The customer acquisition process
Kegiatan yang mendefinisikan target pasar dan prospek untuk pelanggan baru.
v The customer relationship management process
Kegiatan yang berhubungan dengan manajemen hubungan pelanggan.
v The fulfillment management process
Adanya pemilihan dan penyeleksian distributor, pegawi, program, pemasok dan hal hal yang mendukung manajemen perusahaan.
Keberhasilan suatu perusahaan juga bergantung pada :
v The market-sensing process
Semua kegiatan dalam mengumpulkan intelegen pemasaran akan bertindak sebagai penyampai informasi.
v The new-offering realization process
Kegiatan penelitian, pengembangan, penawaran dan peluncuran kualitas baru yang cepat dan sesuai anggaran.
v The customer acquisition process
Kegiatan yang mendefinisikan target pasar dan prospek untuk pelanggan baru.
v The customer relationship management process
Kegiatan yang berhubungan dengan manajemen hubungan pelanggan.
v The fulfillment management process
Adanya pemilihan dan penyeleksian distributor, pegawi, program, pemasok dan hal hal yang mendukung manajemen perusahaan.
PROSES BISNIS
Proses bisnis merupakan
prosedur kerja perusahaan menangani permintaan bisnis dan serangkaian kegiatan, yang terlibat di
dalam atau di luar sebuah organisasi, yang bekerja sama untuk menghasilkan
hasil bisnis bagi pelanggan atau untuk sebuah organisasi. Proses bisnis juga
merupakan sejumlah
langkah yang berbeda agar mendapat hasil yang
lebih efektif dan efisien dalam melakukan produksi dan penjualan.
Pada proses bisnis perusahaan, setiap aktivitas
atau kegiatan harus dapat menciptakan nilai tambah bagi aktivitas kerja atau
kegiatan berikutnya. Demikian pula halnya setiap proses kerja harus dapat
menciptakan nilai tambah bagi proses berikutnya.
Hakekatnya adalah menawarkan alternatif
untuk menggantikan sistem dan prosedur yang telah berpuluh-puluh tahun dipakai
dalam mekanisme organisasi dan menciptakan serangkaian kegiatan yang ber eda
dan efisien.
Proses
bisnis perusahaan dapat
dibagi menjadi beberapa kategori yaitu proses, penjualan dan pengadaan.
TUJUAN PROSES BISNIS
Proses bisnis menghasilkan : Profit
lebih banyak, Kenaikan produktifitas, Menyediakan tingkat pelayanan konsumen
yang lebih tinggi, Memperoleh fleksibilitas lebih besar dalam penggunaan sumber
daya, termasuk staf, Merespon lebih cepat pada peluang baru, Meningkatkan moral
staf melalui lingkungan kerja yang lebih baik, Menjalankan teknologi yang lebih
baru tanpa hambatan. Proses bisnis yang baik akan memudahkan
pengguna untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih cepat
melaksanakannya, membantu peningkatan dan pengendalian operasi.
CONTOH PERUSAHAAN
XL AXIATA merupakan salah satu perusahaan provider paling
laris di Indonesia, mereka menerapkan proses bisnis dan core bisnis yang baik. Tahun lalu, PT XL Axiata Tbk. sukses menggaet pelanggan
melampaui target. Sedangkan
tahun 2010, operator telekomunikasi
ini berhasil mendapatkan 40,1 juta pelanggan hingga akhir 2010 atau tumbuh
27,7% dibanding 2009 (31,4 juta pelanggan). Sejatinya, peningkatan pelanggan
ini geregetnya sudah dirasakan sebelumnya. Tak heran, XL harus sampai dua kali
merevisi targetnya itu.
CORE BISNIS XL AXIATA
Adanya rencana pengembangan Xcloud yang
diharapkan akan membuat para investor tertarik dan XL meyakinkan beberapa
investor agar ereka tidak perlu repot
membangun infrastruktur, dan bisa berfokus langsung pada core bisnis yang dijalankan.
Pada pengembangan setiap departemen pada
PT XL AXIATA ( Internet Blackberry, Paket telfon tarif hemat, dll), pihak
perusahaan mengembangkan setiap promo dan paket agar terkesan selalu memberikan
tampilan baru yang menarik.
PROSES BISNIS XL AXIATA
Low price low cost
XL berani
mengambil inisiatif di antara operator yang ada di Indonesia untuk menjadi
pionir dalam menyediakan dan menawarkan tarif seluler murah dengan nilai lebih
yang bisa dinikmati pelanggan dan masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan XL
menjadi saingan yang ketat bagi provider lainnya di Indonesia.
Diferensiasi
Secara
konsisten XL berupaya memberikan layanan seluler yang berbeda dari sisi
manfaat/offering dan
tentunya memiliki nilai lebih bagi pelanggan dibanding layanan yang disediakan
oleh kompetitor.
XL Business Solutions
XL berperan dalam menjadi penyedia solusi layanan telekomunikasi yang terintegrasi,
dengan memberikan fasilitas yang efektif dan efisien sehubungan dengan semakin
berkembangnya kebutuhan dalam berbagai macam industri. Solusi yang lengkap dari
XL Business Solution telah menyediakan keuntungan yang besar bagi para konsumen
kami, berupa pengurangan biaya, tingkat efisiensi yang meninggi, peningkatan
proses bisnis dan masih banyak lagi.
Inovasi
Adanya
keberanian dalam melakukan inovasi dan menjadi trend-setter dalam menyediakan layanan, bagaimana berkomunikasi dengan calon
pelanggan dan yang lainnya.
PROSES BISNIS PENDUKUNG
Fokus dan
Kejelian
Bagaimana
XL secara konsisten tetap fokus pada bisnis inti dan kompetensi intinya, yaitu
menyediakan layanan seluler yang terbaik bagi masyarakat dengan memanfaatkan
dan mengoptimalkan kemampuan sumber daya yang dimiliki. Dan dalam melihat
peluang pasar dan bagaimana XL dituntut selalu jeli melihat peluang pasar atau
kebutuhan masyarakat dan berupaya mewujudkan solusi atas kebutuhan tersebut.
No comments:
Post a Comment